Cara Terbaru Backup & Mengganti Template Blog / Website

Leave a Comment

Cara Backup dan Mengganti Template Blog

Cara Backup Templete & Mengganti Templete Blog - Banyak para blogger yang kurang puas dengan tampilan templete standart dan di antaranya adalah sobat yang sedang membaca artikel ini. Ingin menjadikan tampilan blog yang lebih menarik dan keren ? 

Berikut ini adalah tutorial singkat dan mudah di pahami bagaimana mengganti templete agar tampilan blog lebih menarik dan keren.

APA ITU TEMPLETE BLOG ?

Template blog atau Template website itu adalah desain-desain halaman blog ataupun halaman website beserta seluruh komponennya baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web yang dapat membuat tampilan blog atau website menjadi lebih keren. Template bisa juga anda artikan sebagai tema blog atau tampilan blog. 

Sebagai contoh pada halaman blog ini terlihat sederhana tetapi keren.

A. Cara Backup Templete
Sebelum sobat ingin mengganti templete pastikan sobat sudah melakukan backup templete untuk berjaga - jaga apabila terjadi kesalahan, jika masih belum tahu bagaimana cara backup templete sobat bisa ikuti langkah berikut ini :

1. Pertama sobat harus log in ke blogger;
2. Setelah masuk, sobat klik pada tulisan Templete;

3. Setelah masuk ke halaman Templete, kemudian yang harus sobat lakukan adalah klik Tulisan Cadangkan/Pulihkan yang berada di sebelah kanan atas.

4. Setelah sobat klik maka akan muncul Tab baru, seperti pada gambaar di bawah ini


5. Untuk melakukan backup templete sobat hanya perlu klik tulisan "Unduh templete lengkap", maka sobat akan men-download templete tersebut.
6. Proses Backup SELESAI.

B. Cara Mengganti Templete Blog

1. Sobat ikuti langkah di atas nomer 1 - 4, hingga muncul tab cadangkan/pulihkan. seperti pada gambar dibawah ini


2. Jika sudah selanjutnya sobat klik tulisan "Browser"
3. Kemudian sobat cari templete yang sudah sobat download, biasanya file berformat .xml jika berupa zip maka sobat extract terlebih dahulu.
4. Selanjutnya sobat klik "Unggah"


5. Tunggu hingga proses SELESAI,

C. Cara Restore/Pulihkan template
Sebenarnya cara Restore/Memulihkan template tidak berbeda jauh dari cara mengganti template blog, hanya saja pebedaannya file/template blog yang di unggah merupakan hasil backup template bolg yang sobat lakukan.

Bagaimana sangat mudah bukan ??????

Sobat hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk mencadangkan, mengganti, memulihkan template blog sobat menjadi lebih menarik dan keren.

0 comments:

Post a Comment

KETENTUAN BERKOMENTAR
1. Berkomentar sesuai dengan topik artikel;
2. Menggunakan bahasa yang sopan;
3. Dilarang menyinggung SARA, Agama, dan berbau pornografi.